Line : 0811-2560-521 Showroom: Ds Bayur Rt 16, Kel. Kliwonan, Kec.Masaran, kab. Sragen Provinsi Jateng
Pabrik Batik Solo

Pabrik Batik Solo Termurah 100% Garansi Uang Kembali

Disini tempatnya Pabrik Batik Solo Termurah 100% Garansi Uang Kembali. ingin membuat seragam batik atau pesan kain batik sesuai motif batik yang anda inginkan. Batik rozan juga merupakan produsen baju batik solo.

jangan sungkan sungkan hubungi kami ya. InsyaAllah kami bantu

tanya-tanya dulu juga boleh perihal pabrik batik solo rozan dimana alamat tempat produksinya, siapa pemiliknya, berapa kualitas produksinya, tiap bulan berapa kuantiti produksi.

monggo dengan senang hati kami sangat senang bisa komunikasi dengan Anda. semoga ini menjadi jalan terbaik yang diberikan Allah untuk kita bersama menjalin kerjasama dalam pembuatan kain batik.

Silahkan Tanya Tanya Dulu !!

Jangan Sungkan Sungkan Untuk Hubungi kami


Untuk lihat GALERI KAIN BATIK >>> KLIK DISINI

Untuk melihat proses produksi kain batik kami >>> KLIK DISINI

batik rozan akan memberikan beberapa informasi terkait cara pembuatan batik. di bawah ini adalah beberapa langkah dan apa saja yang diperlukan

Langkah Langkah Pembuatan Batik


 

jika anda jalan jalan ke kota solo anda bisa melihat semua proses pembuatan batik di pabrik batik solo Rozan.

 

Pembuatan Pabrik batik Tulis Solo


Batik tulis adalah jenis batik yang dihasilkan melalui goresan malam atau lilin pada kain menggunakan canting sesuai motif yang diinginkan, kemudian dilanjutkan dengan pewarnaan.

Diperlukan kesiapan dan komitmen diri yang kuat, pemilihan bahan dan alat yang tepat, serta pembuatan yang benar agar dihasilkan karya batik tulis yang mempunyai nilai seni dan filosofi yang tinggi.

a. Bahan Batik

Sebelum pembuatan batik dilakukkan, hendaklah kita mengetahui karakteristik setiap jenis kain yang akan digunakan.

Sebab, tidak setiap jenis kain baik digunakan sebagai bahan untuk membatik. Setiap jenis kain berbeda beda dalam hal tekstrur dan kualitas bahan dasarnya.

Barikut ini adalah beberapa jenis kain yang banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan batik.

 

1. Kain mori

Mori (cambrics) adalah kain tenun dengan anyaman polos berwarna putih yang diproses dari benang kapas sebagai bahan baku pembuatan batik.

Jenis kain mori sangat menentukan kualitas batik yang dihasilkan. Semakin halus dan rapat tekstur kain mori akan semakin baik kualitas batik yang dihasilkan.

Kain mori yang sering digunakan sebagai bahan baku membuat batik antara lain kain mori primissima, prima, dan biru.

Kainmori primissimamerupakan Janis kain mori yang tinggi kualitasnya. Tekstur kainnya halus, rapat dan padat. Kain mori jenis ini biasanya banyak digunakan untuk membuat batik tulis halus.

Namun kain mori primissima mempunyai kelemahan, yaitu daya serapnya terhadap pewarna kurang bagus.

Kain mori prima merupakan kain untuk bahan membuat batik dengan kualitas sedang setelah kainmori primissima. Jenis kainmori ini mengandung kanji kurang lebih 10% dan tekstur kainnya agak kasar.

Selain sebagai bahan baku membuat batik tulis, kain mori prima juga biasa digunakan pada pembuatan batik cap.

Kain mori biru merupakan jenis kain mori untuk membuat batik dengan kualitas rendah.

Jenis kain mori ini tekstur kainnya kasar dan kurang rapat. Dengan kualitas demikian, kain mori biru tidak pernah digunakan untuk membuat batik tulis halus.

2. Kain katun

Kain katun merupakan jenis kain yang paling umum digunakan untuk membuat batik. seperti halnya kain mori, kualitas kain katun juga mempunyai tingkatan.

Berdasarkan campuran serat kapasnya, ada beberapa jenis kain katun, antara lain kain katun grey, bahan prima 70/60, bahan prima super dan bahan prima mercerize sanforized.

Kain katun bahan grey merupakan kain tenun dari serat kapas yang tidak mengalami proses pemutihan, sehingga cocok digunakan sebagai bahan baku pembuatan batik yang motifnya tidak mengandung unsur warna putih.

Kain katun bahan prima 70/60 merupakan kain tenun dari serat kapas dengan kualitas rendah.

Kain katun jenis ini tampak tipis dan seratnya kurang rapat. Tujuan pembuatan kain katun jenis ini adalah menekan harga. Oleh karena itu kain katun bahan prima 70/60 banyak digunakan untuk membuat pakaian seragam batik.

Kain katun bahan prima super atau prima mercezed merupakan  kain tenun dari serat kapas dengan kualitas agak rendah. Jenis kain katun ini kualitasnya diatas prima 70/60, karena sudah melalui mercerized (pembakaran bulu pada bahan).

Kain katun bahan prima super banyak digunakan untuk membuat pakaian batik seragam sekolah.

Kain katun bahan mercerized sanforized merupakan kain tenun dari serat kapas dengan kualitas lebih baik dibanding prima 70/60 dan prima super.

Tekstur kainnya lebih halus dan tebal, serta seratnya lebih rapat. Kain katun jenis ini telah mengalami proses sanforized, yaitu proses pematangan kain agar  tidak menyusut.

bahan katun tidak hanya untuk pembuatan batik melainkan bisa di gunakan untuk merbagai produk salah satunya 5 Business Lessons From The Queen Of Organic Cotton

contohnya yang memakai bahan ini adalah Batik Rozan yang merupakan salah satu pabrik batik solo yang sampai saat ini masih berjalan dalam memproduksi kain atau seragam batik.

3. Kain paris

Kain paris merupakan jenis kain tenun sebagai bahan baku pembuatan batik yang teksturnya halus dan lembut.

Bahannya tipis dengan serat kain yang kuat. Seperti halnya kain mori dan kain katun, kain paris juga mempunyai tingkatan-tingkatan berdsarkan kualitasnya.

4. Kain serat nanas

Kain serat nanas merupakan jenis kain tenun sebagai bahan baku pembuatan batik yang teksturnya kasar.

Kain jenis ini umumnya mengilap dengan sulur-sulur yang tampak cukup jelas. Seperti halnya setiap jenis kain batik, kain serat nanas juga mempunyai tingkatan kualitas mulai dari yang paling kasar sampai yang paling halus.

Tingkat kehalusan jenis kain ini tergantung dari pencampuran bahan dasar pembuatan kainnya.

5. Kain sutra

Kain sutra merupakan jenis kain yang terbuat dari serat kepompong ulat sutra. Serat sutra berbentuk filament yang dihasilkan oleh larva ulat sutra pada saat membuat kepompong.

Saat ini kain sutra yang ada di pasaran adalah sutra import dan sutra local. Sutra impor antara lain sutra super T54, Sutra super T56, Abote, dan sebagainya.

Sedangkan, sutra local antara lain sutra Polos, Sutra Granitan, dan Sutra Salur.

Kain sutra merupakan bahan baku batik yang sangat baik dan indah. Sejak dahulu kala, kain sutra telah dikenal dan digunakan sebagai bahan baku membuat batik dengan kualitas istimewa.

Bahan ini memiliki tekstur yang lembut dan halus, namun strukturnya padat dan kuat sehingga sangat nyaman ketika dikenakan. untuk cara memberihkan dan merawat kain sutra atau silk Cloth

untuk pembahasan selanjutnya bisa anda lihat Bahan pewarna  Apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan batik.

semua proses diatas juga bisa anda lihat di batik rozan sebagai pabrik batik printing di solo. Batik Rozan selaku produsen batik kami memprioritaskan kepuasan konsusmen terhadap kualitas dan harga yang kami berikan.

jika saat ini anda berada di luar kota solo seperti jakarta, bandung, jogja, medan dan kota kota besar di indonesia. Anda bisa Order melalui 2 cara order offline maupun online.

Atau langsung ke pabrik batik printing murah solo Rozan.

 

 

 

WhatsApp Chat Via WA